Temukan Tips Kecantikan & Kesehatan disini. Silakan Bookmark atau masukkan email kamu di kolom yg disediakan di kiri bawah untuk mendapatkan info terbaru!

Thursday, January 21, 2016

Jerawat

Bagaimana terjadinya Jerawat ?
Kelenjar minyak pada kulit terutama terdapat dimuka, sedikit di leher, dada atas dan punggung. Jerawat terjadi akibat penyumbatan dimuara kelenjar minyak kulit. Proses terjadinya sebagai berikut :
a. Saat pubertas, tubuh mengalami perubahan hormonal disertai peningkatan jumlah kelenjar minyak. Peningkatan produksi minyak mengakibatkan muara kelenjar tersumbat dan timbul bintil-bintil kasar pada kulit (=komedo). Penyumbatan dapat pula akibat sisa kulit mati, sisa kosmetik atau kotoran pada kulit
b. Bila penderita menggaruk atau mengeluarkan jerawat dengan jari, jerawat terinfeksi menjadi benjolan merah yang agak sakit bila ditekan (=papul atau nodul) dan bernanah (=pustul)
Mengapa jerawat perlu diobati?
a. Untuk mencegah gangguan psikologi. Adanya jerawat mengakibatkan rendah diri, malu, mudah tersinggung, dsb, dan dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian.
b. Untuk mencegah terjadinya jaringan parut. Jaringan parut mengakibatkan kulit tidak rata dan berlubang yang bersifat menetap, sehingga merusak wajah menjadi cacat selamanya.

No comments:

Post a Comment